Review The Gardens Between, Game Animasi Manipulasi Waktu


Voxel Agents, beberapa waktu lalu baru saja resmi merilis The Gardens Between di perangkat IOS. Game ini sebelumnya telah tersedua di perangkat konsol dan MasOS sejak 2018.

Kini, para pengguna iPhone dan iPad bisa ikut memainkan The Gardens Between dalam mode layar sentuh.

Sebagai bagian menarik, game ini mendukung tampilan mendatar atau tegak yang bisa kamu ubah kapan saja.

Review The Gardens Between

Game ini dimulai dengan karakter bernama Arina dan Frendt yang sedang bersembunyi di dalam rumah pohon. Saat hujan lebat, mereka tiba-tiba melihat cahaya yang sangat terang dan membuatnya seperti berpindah ke dunai fantasi.

Dalam dunia fantasi tersebut, sepasang sahabat ini bisa mengendalikan waktu secara maju dan mundur dengan kendali tap di sisi kiri atau kanan layar pada setiap pulau.

Nah, untuk kalian yang berminat memainkan game ini, ada baiknya kalian melihat review dibawah terlebih dahulu.

Alur Cerita

The gardens Between menceritakan kisah dua anak kecil, Arina dan Frendt yang merupakan sepasang sahabat.

Di awal game, kamu akan diperlihatkan bahwa mereka sedang bersama-sama berlindung dari hujan di dalam rumah pohon yang berada di kebun binatang rumahnya.

Namun, karena suatu hal mereka terjebak di sebuah dimensi dimana mereka akan menjelajahi kenangan persahabatannya.

Sepanjang permainan kamu akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi, namun di akhir permainan pertanyaanmu akan terjawab.

Game ini sendiri terhitung singkat, namun hal tersebut malah menjadi nilai tambah karena kamu merasa bahwa waktu yang dingkat itu berharga.

Ending yang sangat menyentuh juga memberikan rasa puas sendiri dalam menamatkan game ini.

Mengendalikan Waktu

Di dalam game ini, Arina akan memimpin langkah dan membawa semacam wadah transparan untuk menyimpan cahaya terang di dalamnya.

Cahaya tersebut harus diletakkan di puncak setiap level permainan untuk membuka portal ke level berikutnya.

Sedangkan Frendt ada di belakang untuk melakukan kegiatan tambahan jika diperlukan pada beberapa level. Tentunya berhubungan dengan manipulasi waktu.

Di akhir setiap level permainan, ada gambaran dari memori indah yang sudah kamu selesaikan pada level permainan ini, lengkap dengan desain rasi bintang yang unik.

Cara Bermain

Kalian hanya perlu menekan dan menahan sisi kanan layar untuk membuat permainan terus berjalan maju. Jika perlu, kamu bisa memundurkan permainan dengan cara menekan dan menahan sisi kiri layar.

Pada beberapa kondisi, objek cahaya yang sudah kamu simpan tidak akan berpengaruh terhadap manipulasi waktu. Ini merupakan tujuan utama dari manipulasi waktu di game ini.

Contohnya, kamu bisa memajukan waktu untuk mengambil objek cahaya dan menyimpannya, setelah itu mundurkan waktu untuk menempatkannya di bagian ahasia dan lempar ke akhir permainan.

Tantangan Utama

Tantangan utama di game ini adalah mengenal pola maipulasi waktu yang harus kamu lakukan dengan tepat untuk bisa bermain secara cepat.

Memang tak ada batasan waktu atau poin yang akan kamu peroleh, naun jika terlalu lama berdiam di level 1 saja, rasanya cukup membosankan.

The Gardens Between juga memiliki permainan yang agak monoton karena waktu yang bisa kamu atur hanya maju dan mundur.

Kombinasinya juga sedikit terbatas karena tidak bisa dibuat sangat kompleks. Namun, jika mencari game yang menenagkan dan cara bermain yang tidak biasa serta suara latar belakang harmonis, kalian bisa mencoba game ini.

Itulah review lengkap mengenai game The Gardens Between, game PS yang harus kamu coba.